Cara Cepat Menumbuhkan Jamur Pisang

Jamur Pisang yang juga berarti Jamur Gedang.  Kita banyak mengenal jenis jamur, sering diklasifikasi secara sederhana melalui tempat tumbuh, warna, dan manfaatnya. Sebagian dari kita membedakan jamur secara sederhana, dapat dikonsumsi dan tidak untuk dikonsumsi. Jamur yang dihindari untuk dikonsumsi lazimnya karena mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia, warnanya sering mencolok terang sebagai tanda jamur tersebut berbahaya/beracun.

Jamur Pisang tergolong jamur yang dapat dikonsumsi. Masyarakat biasanya mengolah jamur tersebut dalam bentuk yang sederhana, seperti pepes ataupun oseng-oseng.

Sayangnya, sama seperti kebanyakan jamur liar pada umumnya, Jamur ini hanya tumbuh saat musim penghujan dan beluam ada orang yang mencoba untuk membudidayakannya. Walaupun belum ada budidaya Jamur Pisang. secara khusus, tapi ada cara untuk mempercepat pertumbuhan Jamur pisang ini. Berikut adalah cara - cara mempercepat tumbuhnya jamur pisang :
  1. Sediakan diantaranya : lahan, batang pisang/bonggol, jerami dan sekam.
  2. Sediakan tempar untuk pembuatan jamur ( bisa dibelakang rumah ) yang pasti harus ditempat yang teduh, cukup ukuran 1 - 2 meter persegi
  3. Siapkan beberapa batang pisang yang sudah diambil buahnya/ yang sudah mati, tapi lebih baik yang digunakan adalah pangkalnya.
  4. Letakkan bonggol/batang pisang ketempat yang telah disediakan.
  5. Tutup tumpukan batang pisang/debog dengan menggunakan jerami secara merata dengan ketebalan sekitar 15 - 20 cm.
  6. Taburkan sekam/brambut diatas tumpukan jerami tersebut, kemudian dibakar.
Pembuatan Jamur ini hendaknya pada saat mendekati musim penghujan/musim penghujan, karena kelembaban udara lebih tinggi dan suhu udara lebih rendah yang secara teori sebagai kondisi optimal untuk pertumbuhan jamur. 

Pembuatan jamur ini tidak perlu menaburkan bibit. secara alami, bila terkena air hujan (1-2 minngu) jamur akan tumbuh terus menerus selama musim penghujan, asal tidak tergenang air.



Teori tersebut, bersumper dari sebuah pengalaman yang tanpa disengaja dan terus saya usahakan untuk menambah menu masakan dikala musim penghujan tiba.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

12 comments

Wah mantap infonya mas, udah lama nyari2 baru dapat yg mengulas ini, itu yg bikin tumbuh jamur kan dari bonggolnya ya?

Di desaku itu dinamakan jamur barat...

Mantep lur infone bsok aku coba

Aq baru aja siap masak mie jamur pisang... Uweeennnnaaaakkknyooo

Termasuk Jenis jamur volva... Alias jamur merang. Merang hitam yg mudah mekar. Kurang sedap

Nama ilmiahnya apa ?
Boleh informasinya min🙏

Ilmu yg SDH lama ku cari2.. thank ya.. semoga berkah

Rasa nya endes pisyan

menurutku jamur bonggol pisang itu lebih enak dari jamur tiram, semoga bermanfaat jika berhasil akan saya share

Tapi aq takut mau mengkonsumsi soalnya teksturnya gampang sobek,,,


EmoticonEmoticon