Cara Tepat Menanam Mangga Dalam Pot

Pernahkah mendengar istilah tabulampot? Pasti sudah pernah. Tanaman Mangga adalah salah satu tanaman yang digemari untuk ditamam dalam pot. Bisasanya dilakukan karena tidak memiliki lahan yang cukup luas bahkan malah lebih praktis. Saat memilih bibit harus bibit yang baik, terlihat mulus, dan tidak ada bekas serangan hama dan penyakt. Bibit yang baik juga memiliki daun yang yang sehat. ciri daun yang sehat adalah warnanya hijau, terlihat cerah dan segar, teksturnya mulus dan secara keseluruhan terlihat rimbun. Tanaman dengan daun yang layu, cacat, atau warnanya pudar, sebaiknya tidak dipergunakan sebagai bibit. Sebenarnya semua jenis mangga dapat dibuahkan dalam pot. Perbedaan terletak pada waktu yang dibutuhkan karena tergantung pula pada kualitasnya. Bagi pemula, hebih baik memilih mangga  yang paling mudah berbuah dengan perawatannya mudah.

Pot yang digunakan juga harus sesuai karena sangat berpengaruh dalam keberhasilan tabulampot untuk sampai berbuah, kesalahan dalam pemilihan pot dan media tanam dapat mengakibatkan tanaman mangga tidak berbuah atau meskipun berbuah juga tidak memuaskan. Pot yang digunakan untuk adalah drum bekas minyak tanah/oli/aspal, kita tinggal memotong mejadi dua bagian dan dibawahnya diberi lubang resapan, agar akar tidak busuk karena tergenang air



Setelah pot tersedia, media lain untuk penanaman dimasukan kedalam drum/pot tersebut seperti tanah humus, arang, tanah berpasir/mawur ( tapi bukan pasir ), pecahan bata atau genting dan ijuk. Untuk pecahan bata/genting lebih baik diletakkan di bagian paling bawah, kemudian disusul ijuk dan tinggal penambahkan media lain (pupuk kandang/kompos misalnya) dengan ketinggian kira- kira 10 cm sebelum mencapai bibir pot, karena setelah beberapa bulan tanahnya akan memadat dan diberi tambahan tanah. Setelah itu bibit bisa ditanam.

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat,,


EmoticonEmoticon