Bedilan Permainan Anak Yang Terlupakan

Bedilan (tembak, tembak-tembakan) merupakan permainan anak tradisional yang saat ini mulai terlupakan karena kalah saing dengan permainan tembak-tembakan keluaran pabrik ataupun game online tembak-tembakan. Entah karena kemajuan zaman atau degradasi budaya hingga anak sekarang enggan menggunakan permainan tersebut.

Sebenarnya permainan ini sangat unik dan sangat amat hemat biaya. Bedilan ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan ranting bambu. Cara pembuatan : Pilih ranting bamabu dengan ukuran panjang 25-40 cm, biasanya bambu yang digunakan adalah bambu jenis peting dan ori yang banyak kita jumpai disekitar kampung/desa. Kita cukup menggunakan satu ruas ranting bambu, kita potong bagian pangkal kurang lebih 5 cm sebagai gagang tembak. Gagang tembak dan diberi stick kecil kurang lebih seukuran ujung bedilan (1 cm lebih pendek dari ujung bedilan). Untuk isian bedilan bisa menggunakan kertas yang dibasahi atau dengan menggunakan bunga jambu air. Permainan ini menggunakan cara kerja kompresi udara (tekanan udara)

Semakin banyak teman dalam permainan ini maka permainan akan semakin seru dan menyenangkan. Semoga kita tidak melupakan warisan permainan tradisional ini dan kita dapat memperkenalkan atau menurunkan pada generasi kita selanjutnya.

Semoga bermanfaat, terimakasih...!!!

1 comments:

Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927


EmoticonEmoticon