Mitos Ikan Sembilang






Ikan sembilang merupakan ikan dari  keluarga ( familia ) Plotosidae, yang merupakan jenis  ikan berkumis ( Siluriformes ) Ciri Khas yang jelas adalah, sirip punggung menyatu dengan ekor. Ada yang mengatakan seperti ikan Sidat dan ikan Belut Pisang karena postur tubuhnya yang panjang. Ikan Sembilang bisa mencapai ukuran panjang hingga 100 cm, dengan besar kira-kira sebetis orang dewasa.



Di daerah Pesisir Utara tepatnya di Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara menganggap ikan Sembilang ini adalah ikan keramat. Mengapa  demikian?  Menurut warga / nelayan sekitar, ikan ini merupakan ikan yang pantang untuk dimakan oleh wanita hamil. Warga setempat meyakini bahwa pemberian nama sembilang iitu dari bahasa jawa “ILANG” yang berarti HILANG. Warga meyakini, jika perempuan hamil memakan ikan sembilang ini, maka kandungannya akan hilang dengan sendiri ( Ujar Pak Triyanto) nelayan setempat. Tiap daerah  memang  memiliki tradisi dan kepercayaan sendiri. Boleh percaya boleh tidak.



Anda bisa mencari tahu soal mitos tersebut pada warga sekiatar pesisir Jepara! Sekilas adalah tentang mitos ikan sembilang. Sampai saat inipun warga sekita masih meyakini akan mitos tersebut. Seperti yang saya sampaikan. Itu hanya berlaku bagi watita yang sedang mengandung dantidak berlaku bagi wanita yang tidak mengandung.



Sekilas adalah Mitos Ikan Sembilang. Semoga Penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan anda.

Vidio Memancing
 
Info ternak...
Info Bertanam 


EmoticonEmoticon