Cara Tepat Bertanam Tebu

Pada dasarnyaTanaman tebu bukanlah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin (Saccharum officinarum L) yang merupakan keluarga rumput-rumputan (Graminae) yang sangat cocok ditanam didaerah tropis, namun masih dapat tumbuh baik dan berkembang di daerah subtropis. Asal mula tanaman tebu sampai saat ini belum didapatkan dipastikan dari mana asal tanaman, yang jelas tanaman tebu sudah dimanfaatkan manusia sejak ribuan tahun lalu. Di Indonesia sendiri tanaman tebu, sudah dikenal sejak jaman kolonial. Saat tanaman banyak dibudidayakan didaerah Jawa dan Sumatra. Pemanfaatan utama tanaman ini adalah untuk mendapatkan gula sebagai salah satu kebutuhan bahan pokok terutama di Indonesia.

Budidaya tebu memang tidak serumit jenis tanaman yang lain tapi jangan sampai mengabaikan teknik-teknik dalam bertanam, karena ada teknik yang harus dipelajari agar mendapat hasil yang baik. Yang harus perhatikan untuk menanam tebu adalah cuaca dan iklim , karena tebu yang baik tentunya ditanam pada iklim dan cuaca yang tepat. Indonesia merupakan salah satu wilayah yang tepat untuk budidaya tanaman  tebu, karena iklim tropis.


Cara pembibitan tanaman tebu bisa dilakukan dengan mengambil tunas dari tebu yang  sudah tua kira-kira berusia 11-12 bulan, caranya dengan mengambil  tunas muda dengan panjang 20-30 cm sesuai panjang ruas-ruas tebu (stek). Penanaman yang tepat sebaikya diakhir musim hujan sebelum awal musim kemarau, jadi saat menanam masih cukup banyak curah hujan, sehinnga saat panen tepat pada akhir misim kemarau dan kualitasnya sangat baik. Penanaman pada daerah kering dapat dengan stek yang ditanam pada media juringan. Untuk daerah basah, dapat menggunakan stek 3 tunas atau sistem tumpang tindih. Penyiraman harus melihat cuaca dan keadaan tanah. Sebaiknya dilakukan setelah pemupukan (paling lama 4-5 hari setelah pemupukan). Penyulaman bibit yang tidak tumbuh dengan baik perlu dilakukan agar  pertumbuhan terlihat tara. Penyiangan dapat dengan mencangkul dan membersihkan gulma ataupun disemprot menggunakan herbisida, paling tidak dapat menghambat pertumbuhan gulma. Pemupukan dapat menggunakan pupuk sp36, kcl, atau za. Dapat dilakukan dengan bertahap. Pemanenan dilakukan saat musim kemarau, sehinnga kandungan glukosanya lebih banyak daripada kandungan air dan yang pasti panen saat musim kemarau/kering rasanya air tebu akan terasa lebih manis.

Semoga bermanfaat,, terimakasih.

Info ternak...
info bertanam...


EmoticonEmoticon