Pengertian Sejarah

Masih ingatkah sejarah pelajaran di sekolah . Tahukah kamu darimana asal kata sejarah? Sejarah berasal dari bahasa arab syajara yang berarti terjadi, syajarah yang berati pohon, syajarah an nasab yang berarti pohon silsilah. Mengapa disebut pohon silsilah? Pada saat itu ada kebiasaan menyusun daftar silsilah atau lukisan garis keturunan yang disusun secara berurutan. Daftar silsilah itu menyerupai pohon yang lengkap dengan cabang-cabang dan ranting-rantingnya. Daftar silsilah dari satu keluarga sampai keturunan yang kelima atau lebih apabila dibalik mirip dengan sebuah pohon lengkap dengan cabang dan rantingnya. Dalam bahasa Arab sendiri sejarah disebut Tarikh. Kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu.

Dalam bahasa inggris kata yang berpadan dengan sejarah adalah history yang berarti masa lampau umat manusia. Kata history dalam bahasa inggris berasal dari bahasa Yunani kuno istoria yang berarti ilmu, belajar dengan cara bertanya-tanya. Dalam bahasa Jerman terdapat istilah geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Dari berbagai arti kata sejarah di atas semua menunjuk pada sesuatu yang telah terjadi, atau kejadian yang telah terlewati. Jadi, sejarah adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia di masa lampau.

Kata sejarawan , sejarah itu ibarat orang naik kereta menghadap ke belakang. Ia dapat melihat ke belakang, ke samping kanan kiri. Satu-satunya kendala ia tidak bisa melihat ke depan.

Semoga bermanfaat,, Terimakasih


EmoticonEmoticon