Penyebab Menara Pisa Berdiri Miring

Menara pisa terletak di Italia, pertama kali dibangun 9 Agustus 1173 Menara ini memiliki ketinggian 55,86 M dari permukaan tanah terendah dan 56,70 M dari permukaan tanah tertinggi. Lebar dinding di bawahnya mencapai 4,09 M, sedangkan lebar dinding puncaknya adalah 2,48 M. Bobbotnya diperkirakan mencapai 14,150 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga.

Tahukah kamu mengapa menara Pisa di Italia bentuknya miring? Menara ini bentuknya miring bukan karena disengaja bentuknya miring akan tetapi karena tanah tempat berdirinya bangunan ini adalah tanah gembur dan kontruksi fondasi yang kurang sempurna. Akibatnya, menara ini lama-kelamaan terlihat bergerak miring. Pemerintah Italia pernah memerintahkan agar menara dikembalikan pada posisi tegak. Mereka menambahkan beton pada pondasi menara. Akan tetapi menara semakin tenggelam ke dalam tanah.

Pada tahun 1989, derajat kemiringannya sudah mencapai 5,2 M dari garis tegak lurus. Setiap tahun diperkirakan kemiringan Menara Pisa bertambah satu mm. Oleh karena itu, pemerintah Italia melakukan berbagai langkah untuk menyelamatkan Menara Pisa. Ahirnya, mereka berhasil mengurangi sudut kemiringan Menara Pisa hingga 43,5 cm dari kemiringan awal. Artinya, kemiringan Menara Pisa saat ini tinggal 4,7 m dari garis tegak lurus.

Semoga bermanfaat,,,!!! Terimakasih.


EmoticonEmoticon