Mengenal sejarah Taj Mahal


Taj Mahal merupakan salah satu keajaiban dunia. Apa itu Taj Mahal? Taj Mahal
adalah sebuah monumen yang terletak di Agra India. Memang sekilas bangunan ini mirip dengan sebuah Masjid, akan tetapi sebenarnya Taj Mahal adalah sebuah makam. Taj Mahal dibangun atas keinginan kaisar Shah Jahan, anak Jahangir dari kekaisaran Mughal. Kaisar Shah Jahan menikah dengan Arjumand Banu Begum dari Persia. Ia memberi gelar istrinya Mumtaz-ul-zamani atau Mumtaz Mahal (mahkota kerajaan). Sepanjang perkawinannya sang istri setia menemani suaminya dalam suka maupun duka.

Sekitar tahun 1631 Shah Jahan beserta istrinya mengadakan perjalanan ke wilayah selatan. Tetapi, Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan anaknya Gauhara Begum, anak ke empat belas mereka. Untuk mengenang mendiang istrinya, Shah Jahan memutuskan untuk membangun sebuah makam yang indah yang terbuat dari marmer asli.

Shah Jahan mengerahkan 22.000 pekerja untuk membangun Taj Mahal. Taj Mahal menghabiskan waktu kurang lebih 23 tahun (1630-1653). Bangunan itu terbuat dari marmer putih. Tinggi kubah induk Taj Mahal kurang lebih sekitar 75 m. Untuk menambah keasriannya, makam ini dilengkapi dengan pertamanan dan kolam besar yang ditumbuhi teratai yang dilengkapi air mancur.

Semoga bermanfaat,,!! Terimakasih


EmoticonEmoticon