Sendang Bulusan Destinasi Wisata Tersembunyi




Sendang Bulusan hampir sama dengan sendang - Sendang yang lain berupa sumber air pada sebuah cekungan. Keunikan dari Sendang Bulusan ini adalah, adanya penghuni tak lazim dalam Sendang, yaitu Bulus. Anda tau bulus,,???? Bulus dalam nama latin ( Amida Cartilaginea ), orang Inggris menyebut Common Softshell turtle merupakan jenis labi - labi atau biasa disebut kura - kura punggung lunak. Disebut punggung lunak karena sebagian pelindungnya berupa tulang rawan, sedangkan tempurungnya dilapisi kulit yang tebal dan licin.

Sendang Bulusan terletak di Desa Jipang Kec. Penawangan, Kab. Grobogan. Dulu disekitar tahun 1980 - 2000 an, banyak sekali yang mengunjungi tempat ini sebagai destinasi wisata, terutama di libur hari raya. Entah apa sebabnya sekarang jarang dikunjungi sebagai destinasi wisata alam. Apakah mungkin karena sekarang banyak objek wisata modern,,,????

Disekitar Sendang Bulusan saat ini dipasang pagar yang bertujuan agar Bulus-Bulus yang ada dalam Sendang tidak keluar untuk pindah di sungai sekitar. (Part 2 ) Mbah Waji membenarkan (Kuncen Sendang Bulusan), biasanya Bulus-Bulus dalam Sendang akan naik kedarat untuk Bertelur ataupun sekedar untuk berjemur. Dalam ilmu Alam menjelaskan metabolisme Reptil dibantu panas matahari/panas lingkungan. Pembangunan pagar ini dilakukan pada era Bupati Grobogan (Bambang Pudjiono). 


Bila anda berkunjung, tentunya harus sabar, paling tidak 1/2 jam sekali Bulus-Bulus dalam Sendang akan menampakkan batang hidungnya. Bila sobat beruntung, malah bisa melihat seluruh tubuh bulus dipermukaan air ataupun naik ke darat. Tempat sekitar saya anggap masih cukup asri, teduh dengan rerimbunan pohon, tentunya akan membuat betah pengunjung. 

Bagaimana menurut sobat,,,,????




EmoticonEmoticon